PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Juhayyatul Anisa(1*),

(1) SD NEGERI POTROBANGSAN 3
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28652

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Potrobangsan 3 Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang pada muatan pelajaran Matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Potrobangsan 3 dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan pelajaran Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika pada materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK), keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 66,5. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,7 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,9. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV Semester I di SD Negeri Potrobangsan 3 Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang tahun pelajaran 2021/2022.


Keywords


Hasil Belajar, Matematika, Problem Based Learning,

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Gunanto & Adhila, D. (2016). ESPS (Erlangga Straight Point Serius) Matematika untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Erlangga.

Heruman, S. P., & Pd, M. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Ridwan Abdullah Sani. (2013). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16. Diakses pada laman http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:F8nHOSZSmFUJ:schol ar.google.com/+nasution+2017+jurnal&hl=id&as_sdt=0,5 pada 20 November 2021

Puspitasari, N., & Hardjono, N. (2019). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika siswa SD Kelas 4 Melalui Model Problem Based Learning. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). Diakses pada laman https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:0vmG13qip2YJ:schol ar.google.com/+Puspitasari,+N.,+%26+Hardjono,+N.+(2019).+Peningkatan+Pro ses+Dan+Hasil+Belajar+Matematikasiswa+SD+Kelas+4+Melalui+Model+Proble m+Based+Learning.+MAJU:+Jurnal+Ilmiah+Pendidikan+Matematika,+6(1).&hl= id&as_sdt=0,5 pada 18 November 2021

Shoimin, A. (68). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media, 210.

Silvia Nilasari. (2014). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK SISWA KELAS VIII B SMPN 2 KECAMATAN BALONG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Diakses pada laman http://eprints.umpo.ac.id/298/1/artikel.pdf pada 07 Desember 2021

Sufairoh, S. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116-125.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2009). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Jica UPI.


Article Metrics

Abstract view : 702 times | PDF view : 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juhayyatul Anisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License