PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Dianing tyastuti(1*),

(1) SDN 02 Kebon Gede
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28647

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kebon Gede Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang pada muatan pelajaran Matematika materi Kecepatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kebon Gede dengan jumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan adalah 68 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika, keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya 67,50. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,33 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,83. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Kebon Gede Kecamatan Bantarbolang tahun pelajaran 2021/2022.


Keywords


Matematika, hasil belajar, problem based learning

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja :STKIP Singaraja.

Amir, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning : BagaimanaPendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta : Prenada Media Group.

Depdiknas, 2002. Manajemen PeningkatanMutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasardan Menengah.

Depdiknas.2006.Peraturan MenteriPendidikan Nasional RepublikIndonesia No 22 Tahun 2006 TentangStandar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Lampiran: Standar Kompetensi Dan KompetensiDasar Mata Pelajaran Matematika Untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Ikhwandari, L. A., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan Motivasi HAsil BElajar MAtematika Peserta Dengan Model Numbered Head Together (NHT). Jurnal BASICEDU, 2106- 210

Wibowo, A. (2019). peningktan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Batua II bertingkat Makasar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 11-12


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dianing tyastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License