PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
(1) SDS Terpadu Swata Bani Rauf
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28646
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDS Terpadu Swata Bani Rauf. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Terpadu Swata Bani Rauf Kabupaten Gowa. Subjek penelitian adlah peserta didik kelas IV dengan jumlah 25 orang yang terdiri dari 14 peserta didik perempuan dan 11 peserta didik laki-laki. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yang mana analisis secara kualitatif yaitu dengan observasi atau pengamatan selama proses pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning. Sedangkan analisis secara kuantitatif yaitu dengan melakukan pre-test dan pos-test untuk mengetahui apakahpenerapan model Problem Based Learning dapat meningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV SDS Terpadu Swata Bani Rauf. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dilihat dari hasil tes yang diperoleh mengalami peningkatan dari 14 peserta didik (55%) tuntas KKM menjadi 22 peserta didik (88%) tuntas KKM. Selain itu aktivitas peserta didik dalam kelas juga mengalami peningkatan. Dari hasil refleksi, evaluasi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDS Terpadu Swata Bani Rauf.
Keywords
Hasil Belajar, Problem Based Learning
Full Text:
PDFReferences
Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kunandar, 2007. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 195 hlmn
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Sinar Grafika
Article Metrics
Abstract view : 42 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Andi Indra Nurfadhillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License