Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas VI UPT SD Inpres Parang Kabupaten Gowa

Rusdi Rusdi(1*),

(1) SD Inpres Parang Kab. Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28645

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik  kelas VI UPT SD Inpres Parang Kabupaten Gowa melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI SD Inpres Parang yang berjumlah 10 orang . Metode yang digunakan dalam penenelitian ini yaitu metode pengamatan, presentasi, tanya jawab, dan penugasan, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik. Model Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang berusaha menerapkan masalah yang terjadi di dunia nyata. Dengan ini peserta didik dilatih berpikir kritis serta menemukan solusi. Adapun dalam Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Dari tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, didapatkan hasil belajar pada siklus I yakni ketuntasan belajar sebesar 72% dari KKM yang telah ditentukan pada bidang studi IPA sebesar 70. Pada akhir siklus II ketuntasan belajar peserta didik mencapai 92% peserta didik, atau telah mencapai nilai KKM. Ketuntasan belajar peserta didik dari siklus I sebesar 72% naik 20% pada siklus II yakni mencapai 92% ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas VI SD Inpres Parang Kabupaten Gowa.


Keywords


Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. 2013. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri Anni, Catharina Tri, dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Arends, Richard. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar (Penerjemah: Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asmani, Jamal M. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Laksana.

Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. YRAMA WIDYA

Eggen, Paul. 2012. Strategie and Models for Teacher: Teaching Content and Thinking Skills, Sixth Edition. Boston: Pearson Education, Inc.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumardi Suryabrata. 1984. Pengertian Belajar Menurut Para Ahli. www.belajarpsikologi.com. Diakses 25 September 2017.


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rusdi Rusdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License