MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS TPACK

Epin Jamilah(1*),

(1) SD Negeri Rahayu
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28644

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masalah kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi ajar yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa Kelas II SDN Rahayu Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya tahun pelajaran 2021-2022, dalam pembelajaran tematik muatan pelajaran Bahasa Indonesia, materi kosakata keragaman benda dan kosakata lingkungan geografis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan pendekatan Saintifik berbasis TPACK. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument soal tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai 68. Setelah menerapkan model PBL dengan pendekatan Saintifik berbasis TPACK nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 76 dengan capaian ketuntasan 60% pada siklus I dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82, siswa tuntas 100%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan pendekatan Saintifik TPACK dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Problem Based Learning, hasil belajar, Saintifik, TPACK

Full Text:

PDF

References


Ariyana,Yoki,dkk.(2018).Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi.Jakarta:Kemdikbud.

Khoirul Mungzilina,Arista, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggungjawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD.Naturalistic:Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 2,2.(184-195). https://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/view/209 (diakses 1-12-2021)

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD Negeri Rahayu Tahun 2021

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Pujiriyanto.(2019).Modul 2 Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003

Undang- undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen


Article Metrics

Abstract view : 1214 times | PDF view : 444 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Epin Jamilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License