PENINGKATAN KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARING KELAS IV SDN KALINDU

Suhaeda Suhaeda(1*),

(1) SDN KALINDU
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28640

Abstract


Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik di elas IV SDN KALINDU Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN KALINDU Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas  IV SDN KALINDU Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SDN KALINDU Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu yang berjumlah 24 Orang, terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dan tes dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik Kelas IV SDN KALINDU Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu melalui penerapan model Problem Based Learning. Hal itu dapat dilihat dari setiap siklus hasil observasi aktivitas guru dan observasi sikap peserta didik. Hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik pada siklus I masih berada pada kategori cukup, pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil observasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada siklus I sudah berada pada kategori baik namun belum mencapai standar 80%, sedangkan pada hasil observasi sikap siklus II mengalami peningkatan dalam bentuk persentasi dan berada pada ketegori baik . Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model discovery learning dapat meningkatkan percaya diri pada peserta didik pada Tema 3 Makanan Sehat Kelas V SDN KALINDU Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Pasangkayu.


Keywords


Keefektifan, belajar, PBL

Full Text:

PDF

References


Aziz, Rahmat.2018. Creative Learning Teori Riset Praktik. Malang:Edulitera

Aeni, A. (2015). MENJADI GURU SD YANG MEMILIKI KOMPETENSI PERSONAL-RELIGIUS MELALUI PROGRAM ONE DAY ONE JUZ (ODOJ). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212-223.

doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1331.

Atmojo, S. E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan , 43(2), 134-143.

Hanifah, N. (2016). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI Press.

Hamiyah,Nur & Mohammad Jauhar.2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta:Prestasi Pustakarya

Kosasih. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta. Nopia,R., Julia, &Sujana, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Daur AirPena Ilmiah,1(1), 641-650

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru .

Jakarta: Rajawali Pers.

Peraturah Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016. Tentang PenilaianHasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87b Tahun 2017. Tentang Penguatan Pendidikan karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Kontruktivistik. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujana, A. (2014). Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA teori dan Praktik. Bandung: Rizqi Press.

Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Warsono, H. &. (2014). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Suhaeda Suhaeda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License