PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V SDN 275 LIOKA

Sukmawaty Sukmawaty(1*),

(1) SD Negeri 275 Lioka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28639

Abstract


Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar dan hasil belajar, akan tetapi kuat dan lemahnya motivasi seseorang berbeda hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti cita-cita, kondisi siswa, kondisi lingkungan, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan upaya guru dalam menggunakan metode atau media dalam pembelajaran. Selama ini guru hanya menggunakan metode klasik, sehingga masih banyak siswa yang belum memahami materi. Pada kegiatan pembelajaran ternyata peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik terlihat malas belajar, peserta didik juga tidak menunjukan ekspresi gembira dan tidak bersemangat, perhatiannya lebih tertuju padaa sesuatu yang bersebrangan dengan tugas belajarnya seperti main game dikelas, dan nilai-nilainya cenderung terus menurun.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimanakah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air.  (2) Bagaimanakah proses penggunaan model pembelajaran discovery learning pada materi siklus air; dan (3) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning.

Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data pada Penelitia Tindakan Kelas ini maka dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar dan ketuntasan belajar IPA dari setiap siklus. Pembelajaran dengan pendekatan Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok siklus air   kelas V semester II.


Keywords


Discovery learning, siklus air, dan motivasi

Full Text:

PDF

References


Azhari. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri UNGGUL Sigli. Jurnal Biologi Edukasi Vol.7 No.1, 16.

Bundu, Patta, (2006). Penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran sains di SD. Jakarta : Depdiknas

Dorkas Tambalo, I. d. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 KasimberMelalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Vol.2 No.4, 46.

Kemdikbud. (2013) Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013.

Rosita, V. M. (2010). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Inkuiri Terbimbing di Kelas IV SDN Inpres 3 Terpencil Baina'a.Jurnal Kreatif Tadulako Vol.4 No.6, 244.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 404 times | PDF view : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sukmawaty Sukmawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License