PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Anik Setyowati(1*),

(1) SD Negeri 3 Girirejo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.26997

Abstract


Abstrak. Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia tentang ungkapan dan artinya.Guru harus melakukan refleksi atau identifikasi masalah yang selama ini terjadi dalam pembelajaran, sehingga guru dapat menemukan penyebabnya yaitu kekurang tepatan model, metode atau pendekatan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh model Problem Based Learning   terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas II Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang pada setiap siklusnya dilakukan satu tindakan .Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri 3 Girirejo, kecamatan Tirtomoyo yang terdiri dari 16 siswa dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 65, 9 siswa (56,25 %) bernilai belum tuntas dan 7 siswa (43,75%) bernilai tuntas. Nilai rata- rata secara klasikal pada tes awal 55, pada siklus I naik 5,63 menjadi 60,63 dan pada siklus II naik 17,37 menjadi 78. Sedangkan persentase siswa yang tuntas belajar pada tes awal 43,75%, pada siklus I naik 25%  menjadi 68,75% dan pada siklus II naik 18,75% menjadi 87,5%.Hasil penelitian menggunakan metode Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan motivasi  belajar yang signifikan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi ungkapan dan arti dari teks bacaan.

Keywords


Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) Motivasi ,Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Ahmadi, Abu 1991. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Ali, Mohhamad. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : PT Imperial Bhakti Utama.

Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual teaching and Learning/CTL). Malang:Universitas Malang.

Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN Balai Pustaka.

Riedesel, C. A..Scchwart, J.E., dan Clement, D.H. 1996. Teaching Elementry School mathematic. Boston: Allyn and Bacon.


Article Metrics

Abstract view : 2090 times | PDF view : 656 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anik Setyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License