IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Alfian Fian Fian(1*),

(1) SD Negeri Mapo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.26973

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan langkah-langkah implementasi model PBL dalam meningkatkan hasil belajar  IPA siswa  kelas  5  SD. Jenis penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, data dianalisis menggunakan Teknik diskriptif. Subyek penelitian adalah kelas 5 SD Inpres Binanga III berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan, hasil belajar kognitif yang tuntas dari pra siklus 7 siswa (44%) meningkat menjadi 12 siswa (76%) pada siklus I dan meningkat menjadi 16 siswa (100%) pada siklus II. Hasil  belajar  afektif  pada siklus I dan siklus II menunjukkan rata-rata sikap menghormati 88 meningkat menjadi 97, partisipasi 77 meningkat menjadi 91, bekerjasama 78 meningkat menjadi 86, tanggung jawab 83 meningkat menjadi 89. Hasil belajar  psikomotor pada siklus I dan siklus II rata-rata aspek  keterampilan membawa alat dan  bahan 72 meningkat  menjadi  89, mengoprasikan alat 81 meningkat  menjadi 89, ketelitian 81 menjadi 91, dan mendemonstrasikan 83 meningkat  menjadi  97. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA, baik hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik.

IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR


Keywords


Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning, IPA

Full Text:

PDF

References


Cahyo, Agus N. 2013 Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.

Christina, L.V dan Firosalia Kristin. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Inverstigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading and Compisition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berfikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4.Salatiga: Jurnal Scholaria. Vol.6, No.3 (223).

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegritas (Kurikulum 2013).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, Ratna dan Pratiwa Pujiastuti. 2016. Pengaruh PBL terhadap Ketrampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA pada SD. Yogyakarta: Jurnal Prima Edukasi. Vol 4. No.2 (186-197).

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Indonesia, P. R. (2006). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok.

Bandung: Alfabeta.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik.

Majalengka: Nusa Media.

Sariadi, Ni Ketut dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA kelas V SD. Jurnal: PGSD- Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

. 2013. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wati Nanik I dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Negeri Pasuruhan Pati. Jurnal: PGSD-FKIP-Universitas Muria Kudus.

Wulandari, Eni dkk. 2012. Penerpan Model PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal: FKIP-Universitas Sebelas Maret.


Article Metrics

Abstract view : 609 times | PDF view : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alfian Fian Fian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License