PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 4 WONOGIRI

Aulia Rahma Kautsari(1*),

(1) SD Negeri 4 Wonogiri
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.26930

Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Wonogiri. Data awal yang didapat menunjukkan saat pembelajaran siswa kurang memperhatikan materi dari guru, siswa belum memahami tentang peran dan tanggung jawab masyarakat terhadap kegiatan pemilihan ketua RW, serta siswa masih kesulitan menentukan amanat dari sebuah pantun. Hal tersebut terjadi karena minat belajar siswa yang rendah, guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, penjelasan guru hanya monoton, serta media kurang menarik. Maka untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa di kelas V dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan praktik mengajar yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Wonogiri. Langkah kegiatan praktik mengajar meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan kajian dokumen. Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian pada praktik mengajar diperoleh data 75% langkah model terlaksana dengan baik dan hasil belajar siswa meningkat mencapai 80% dari jumlah siswa. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning secara bertahap dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Wonogiri. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang diterapkan dengan baik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Wonogiri.

Keywords


Problem Based Learning, PBL, model pembelajaran, kualitas pembelajaran, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mulyasa dkk. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Oon-Seng Tan. 2003. Problem-Based Learning Innovation: Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Singapura: Thomson Learning.

Presiden Republik Indonesia. 2008. Peraturan Pemerintah Nomor 19, Tahun 2017, tentang tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Putra, Siti Atava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogjakarta: DIVA Press.

Republik Indonesia. 1945. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Republik Indonesia. 2005. Undang-Undang RI Nomor 14, Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Pers.


Article Metrics

Abstract view : 212 times | PDF view : 409 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aulia Rahma Kautsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License