PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

anis khairunnisa(1*),

(1) SDN Nusantara Jaya Kota Cirebon
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.26925

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas II SDN Nusantara Jaya dalam muatan pelajaran Matematika pada materi membandingkan bilangan 3 angka. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Nusantara Jaya dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar adalah secara klasikal > 75% dari jumlah siswa telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70 untuk skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Pada pra siklus hanya 56%, setelah menggunakan model Problem Based Learning pada siklus I meningkat menjadi 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II di SDN Nusantara Jaya tahun pelajaran 2021/2022.

Keywords


Mathematics, problem based learning, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Afitama.

Hermawan, dkk. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Hernawan, A. H., Asra, dan Dewi, L. (2007). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Mulyasa, E. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruseffendi,dkk. (1994). Pendidikan Matematika 3.Jakarta : Universitas Terbuka.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Suwangsih, E., dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Usman, Moh. Uzer. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya


Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 anis khairunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License