PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS V SD

nurul husnaeni(1*),

(1) SD Negeri 221 Malili
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.26805

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 221 Malili Kabupaten Luwu Timur. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 221 Malili Kabupaten Luwu Timur pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil yang dicapai dari analisis kualitatif sebagai berikut: terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang meliputi skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II skor rata-rata berada pada kategori baik. Skor rata-rata dari siklus I ke siklus II menunjukkan adanya peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD.

Keywords


Model Discovery Learning, IPA , Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Ali, L. U. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau Dari Hakikat Sains Pada SMP Di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram.

Arikunto dan Syafriddin. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Irwan, F., Hadi, K., & Rahman, A. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Media Torso Pada Materi Sistem Pernafasan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Pante Ceureumen Kec Pante Ceureumen. VII.

Mutmainna, M., & Jafar, A. F. (2015). Komparasi Hasil Belajar Fisika melalui Metode Discovery Learning dan Assignment And Recitation. Jurnal Pendidikan Fisika.

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST).

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.


Article Metrics

Abstract view : 359 times | PDF view : 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 nurul husnaeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License