PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 210 BONTOMINASA KABUPATEN BULUKUMBA

ayu andriani(1*),

(1) UPT SPF SDN 210 Bontominasa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.26804

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil kerjasama peserta didik di kelas V SDN 210 Bontominasa Kabupaten Bulukumba. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 orang . pengambilan data dilakukan  dengan menggunakan lembar observasi  berisi tingkah laku peserta didik selama kegiatan belajar. Melalui kegiatan observasi ditemukan informasi bahwa ada dua faktor yang memepengaruhi kemampuan bekerjasama peserta diidk yaitu faktor dari Guru dan faktor dari peserta didik itu sendiri.  Faktor dari guru terdiri atas :(1) guru kurang melibatkan peserta didik  secara aktif dalam pembejajaran, (2) Guru kurang meberikan kesempatan kepada peserta didik.(3) guru kurang menggunakan model pembejaran yang berfareiasi, (4) Penggunaan model/ metode yang monoton. Adapun pada aspek peserta didik: (1) peserta didik  kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, (2) peserta didik  kurang berinteraksi dengan teman sebayanya, ( 3) peserta didik  hanya menyelesaikan tugas secara mandiri, ( 4) kurangnya sikap kerjasama dalam menghadapi masalah. pada pertemuan pertama, secara klasikal tingkat keberhasilan berda pada kualifikasi cukup denga presentase keberhasilan berkisar 55%, dan untuk pertemuan kedua setekah dilaksanakan kegiatan refleksi terhadap kekurangan-kekurangan yang ditemukan pada pertemuan pertama, maka diperoleh peningkatan terhadap hasil observasi kerjasama peserta didik yakni menjadi 75% atau dengan kualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaPenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat  meningkatkan sikap kerjasama Siswa di Kelas V  SDN 210 Bontominasa Kabupaten Bulukumba.


Keywords


Problem Based Learning,Sikap Kerjasama Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Arikunto dan Syafriddin. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Kartadinata, Sunaryo. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter.Jakarta : Bumi Aksara.

Mira.2012.Pentingnya Kerjasama dalam Kelompok, (Online),http://mira-seplita.blogspot.co.id/2012/01/kerjasama.html?m=1,(diakses tanggal 18 November 2021)


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ayu andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License