PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 210 BONTOMINASA KABUPATEN BULUKUMBA
(1) UPT SPF SDN 210 Bontominasa
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.26804
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil kerjasama peserta didik di kelas V SDN 210 Bontominasa Kabupaten Bulukumba. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 orang . pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi berisi tingkah laku peserta didik selama kegiatan belajar. Melalui kegiatan observasi ditemukan informasi bahwa ada dua faktor yang memepengaruhi kemampuan bekerjasama peserta diidk yaitu faktor dari Guru dan faktor dari peserta didik itu sendiri. Faktor dari guru terdiri atas :(1) guru kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembejajaran, (2) Guru kurang meberikan kesempatan kepada peserta didik.(3) guru kurang menggunakan model pembejaran yang berfareiasi, (4) Penggunaan model/ metode yang monoton. Adapun pada aspek peserta didik: (1) peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, (2) peserta didik kurang berinteraksi dengan teman sebayanya, ( 3) peserta didik hanya menyelesaikan tugas secara mandiri, ( 4) kurangnya sikap kerjasama dalam menghadapi masalah. pada pertemuan pertama, secara klasikal tingkat keberhasilan berda pada kualifikasi cukup denga presentase keberhasilan berkisar 55%, dan untuk pertemuan kedua setekah dilaksanakan kegiatan refleksi terhadap kekurangan-kekurangan yang ditemukan pada pertemuan pertama, maka diperoleh peningkatan terhadap hasil observasi kerjasama peserta didik yakni menjadi 75% atau dengan kualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaPenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap kerjasama Siswa di Kelas V SDN 210 Bontominasa Kabupaten Bulukumba.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto dan Syafriddin. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Kartadinata, Sunaryo. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter.Jakarta : Bumi Aksara.
Mira.2012.Pentingnya Kerjasama dalam Kelompok, (Online),http://mira-seplita.blogspot.co.id/2012/01/kerjasama.html?m=1,(diakses tanggal 18 November 2021)
Article Metrics
Abstract view : 35 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 ayu andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License