Penggunaan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Bangun Datar

Erwin Badateng(1*),

(1) SDK Tapanambang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.26795

Abstract


Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas II SD Negeri 52 Palipi proses pembelajaran masih menggunakan strategi pembelajaran monoton, cenderung terpusat pada guru dan jarang menggunakan media permainan, sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika topik bangun datar melalui penggunaan metode permainan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dimana pelaksanan perbaikan pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data hasil belajar diolah secara kuantitatif dan observasi aktivitas belajar siswa diolah secara kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa sekurang-kurangnya 70, dengan persentase ketuntasan belajar sekurang-kurangnya 70%, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran sekurang-kurangnya 75%. Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 65 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 65%. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 61,25% dengan kriteria tinggi. Pada siklus 2 diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 72 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 75%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 78,75 % dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulankan bahwa metode permainan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika topik bangun datar.


Keywords


Metode Permainan, Aktivitas belajar, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Anitah W, Sri, dkk. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharmisi, Suhardjono, dan Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail, A. (2006). Educations Games : Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta : Pilar Media.

Karso, dkk. (2014). Pendidikan Matematika I. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Buku Siswa SD/MI kelas II. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Okky Hidayati, Vinalisa. (2012). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Melalui Media Puzzle Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Kemandungan 03 Tegal.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. 8 Oktober 2014. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 1507. Jakarta.

Sudjana. (2000). Metode dan Teknik Pembelajran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

Supinah dan Agus D.W. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Sleman: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Wardhani, IGAK dan Kuswaya Wihardit. (2014). Penelitian Tindakan Kelas.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Widyastuti, Eny. (2013). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Permainan Tangram Pada Mata Pelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas II Sd Negeri Dukun 2 Kecamatan Dukun, Magelang. Online.


Article Metrics

Abstract view : 838 times | PDF view : 239 times

Refbacks



Copyright (c) 2022 Erwin Badateng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License