PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 154 INPRES BANTINOTO KABUPATEN TAKALAR

Hajrah Hajrah(1*),

(1) SD Negeri 154 inpres Bantinoto
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26766

Abstract


Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sintesis dari pengalaman penyelenggaraan yang selama ini diselenggarakan Universitas Negeri Makassar (UNM). Dengan program tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman pembelajaran, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa keguruan. Mata pelajaran PPL adalah mata pelajaran dalam bentuk praktek pengalaman lapangan sebagaimana kegiatan guru di sekolah-sekolah umumnya. PPL ini dilaksanakan di SD Negeri 154 Inpres Bantinoto  Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar dengan tahapan kegiatan yaitu, persiapan mengajar, persiapan perangkat pembelajaran, persiapan sarana dan prasarana. Model pembelajaran yang diterapkan pada PPL yaitu Model Numbered Head Together. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang keterampilan menulis cerita bergambar melalui penerapan model Numbred Head Together pada peserta didik kelas II UPT SD Negeri 154 Inpres Bantinoto Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, tes. Presentase ketuntasan yang dicapai yaitu pada siklus I mencapai 33,33%, siklus II mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia tentang  keterampilan menulis cerita bergambar melalui penerapan model Numbered Head Together pada peserta didik kelas II UPT SD Negeri 154 Inpres Bantinoto Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Untuk itu diharapkan guru menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga peserta didik lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran dan memperoleh hasil atau nilai yang maksimal.

 


Full Text:

PDF

References


Kunandar, 2008, Langkah mudan penelitian tindakan kelas sebagai pemngembangan profesi guru, Jakarta, PT Rajagrafindo Persada

Sanjaya Wina, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Kencana

Aqib, Zainal & Amrullah, Ahmad. 2018. PTK Penelitian Tindakan Kelas Teori & Aplikasi.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Adriani, 2020, Penerapan Discovery larning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik kelas II UPT SD Negeri 5 Lancirang, Manado

Huda Miftahul. 2019. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto.2009.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta:Pustaka Belajar

R Ibrahim & Syaodih Nana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2008.

Hasnah K, 2018, Peningkatan hasil belajar bahasa indonesia melalu model pembelajaran Numbered Head Together, Makassar


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hajrah Hajrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License