PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PENDEKATAN STEAM PADA SISWA
(1) SD Negeri 2 Kebonagung
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26764
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran tematik di kelas III SDN 2 Kebonagung. Pembelajaran selama ini hanya berpusat pada guru (teacher center), sehingga hasil belajar tidak sesuai harapan. Rumusan masalah diuraikan sebagai berikut: Bagaimana menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Pendekatan STEAM dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas III SDN 2 Kebonagung. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan lembar pengamatan dan penilaian kinerja. Teknik analisis data deskriptif kualitatif hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh data hasil belajar rata-rata 66,83 dari 12 siswa. Hasil penelitian siklus 2, proses belajar diperoleh data hasil belajar rata-rata 73,66 telah menunjukkan hasil belajar meningkat. Dan pada siklus 3 ditemukan hasil pembelajaran yang sangat memuaskan dengan rata-rata nilai 86,16 Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEAM secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas III SD Negeri 2 Kebonagung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning Pendekatan STEAM dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas III SD Negeri 2 Kebonagung.
Full Text:
PDFReferences
Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan.
Ahmadi, Abu 1991. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Ali, Mohhamad. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : PT Imperial Bhakti Utama.
Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Early Childhood National Center. (Tanpa Tahun). Understanding STEAM and How Children Use It. Diakses dari :https://eclkc.ohs.acf.hhs.gov/sites /default/files/pdf/steam- ipdf.pdf. Pada 2 November 2021.
Helen S.H (2018). The Roots of STEM Success: Changing Early Learning Experiences to Build Lifelong Thinking Skillss centerforchildhoodcreativity.org
Article Metrics
Abstract view : 243 times | PDF view : 108 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Etik Purwani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License