MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Eko Styo Saputro(1*),

(1) SD Islam Al Azhar 28
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26763

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas IIISD Islam Al Azhar 28. Pembelajaran selama ini hanya berpusat pada guru (teachercenter), sehingga hasil belajar tidak sesuaiharapan. Siswa kurang berminat dalam belajar cenderung hanya sebagai pendengar dalam malas mengerjakan tugas. Rumusan  masalah diuraikan sebagai berikut: Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajarsiswa kelas IIISD Islam Al Azhar 28. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan lembar pengamatan dan penilaian kinerja. Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil  penelitian pada siklus 1  diperoleh data minat belajar siswa mencapai 75% dari jumlah siswa. Hasil penelitian siklus 2, proses belajar telah mengalami peningkatan dan diperoleh data 80% siswa telah menunjukkan minat belajar. Peningkatan memuaskan terjadi pada siklus 3  yang menunjukkan data 85% siswa bersemangat dalam melaksanakn kegiatan pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning secara bertahap dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IIISD Islam Al Azhar 28. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yangProblem Based Learning yang diterapkan dengan baik dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IIISD Islam Al Azhar 28.

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SD DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Mimbar

Sekolah Dasar, 1(1), 50-58. doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.863.

Aeni, A. (2015). MENJADI GURU SD YANG MEMILIKI KOMPETENSI PERSONAL-RELIGIUS MELALUI PROGRAM ONE DAY ONE JUZ (ODOJ). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212-223.

doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1331.

Atmojo, S. E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan , 43(2), 134-143.

Bungel, M. F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu Pada Materi Prisma. Jurnal Elektronika Pendidikan Matematika Tadulako , 2(1), 47-53.

Hanifah, N. (2016). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI Press.

Kosasih. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta. Nopia,R., Julia, &Sujana, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Daur AirPena Ilmiah,1(1), 641-650

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru .

Jakarta: Rajawali Pers.

Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Kontruktivistik. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujana, A. (2014). Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA teori dan Praktik. Bandung: Rizqi Press.


Article Metrics

Abstract view : 3721 times | PDF view : 1067 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eko Styo Saputro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License