PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MENGURUTKAN PERISTIWA PADA CERITA TEKS NON FIKSI DI KELAS V UPT SPF SD NEGERI BONTORANNU 2 MAKASSAR
(1) UPT SPF SD NEGERI BONTORANNU 2 MAKASSAR
(2) STKIP YPUP Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26762
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V UPT SPF SD NEGERI BONTORANNU 2 MAKASSAR melalui model Problem Based Learning dengan menggunakan metode Saintific.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, dimana guru bertindak sebagai observer dan peneliti juga sebagai pelaksana pembelajaran. Subyek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah peserta didik kelas V UPT SPF SD NEGERI BONTORANNU 2 MAKASSAR sebanyak 16 peserta didik. Obyek penelitian ini adalah kemandirian belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V melalui model Problem Based Learning dengan metode Saintific. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian (Essay) yang dilakukan pada akhir pertemuan. Teknik analisis data menggunakan presentase peserta didik yang tuntas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dengan metode Saintific dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan cara guru mengorientasi peserta didik terhadap beberapa masalah dengan mengajukan pertanyaan kepada peserta didik sehingga dapat menstimulus peserta didik untuk berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif, kemudian peserta didik mendiskusikan baik kepada teman kelompoknya maupun bersama guru sehingga dapat meningkatkan kemandirianl belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V UPT SPF SD NEGERI BONTORANNU 2 MAKASSAR. Hal itu terbukti dengan adanya peningkatan persentase KKM peserta didik secara klasikal.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Prenada Media Group
Fitriono Yuli. 2015. Model PBL dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian serupa PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4 (1), 57.
Murfiah U. 2017. Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik di Sekolah. Bandung : Refika Aditama
Sanjaya W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Article Metrics
Abstract view : 231 times | PDF view : 23 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Angriyana Angriyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License