PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES SARUDU II KABUPATEN PASANGKAYU PROVINSI SULAWESI BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nurbaya Nurbaya(1*),

(1) SDN Pamanua
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26508

Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SD Inpres Sarudu II Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Sarudu II Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat. Dalam rangkaian kegiatan Praktik pengalaman lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan di UPT SD Inpres Sarudu II Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat dari tanggal 1 juli- 16 Agustus 2021, berbagai macam kegiatan telah dilalui oleh mahasiswa, mulai dari siklus 1 sampai siklus 3. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Sarudu II Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat, pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 16 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 75 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69 dimana dan standar deviasinya 5,369. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 69 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77 dan standar deviasinya 5,615. K etuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 37,5% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 87,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurbaya Nurbaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License