PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PURWOHARJO

Indri Marlita Sari(1*),

(1) SDN 1 PURWOHARJO
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26503

Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Projetc Based Learning untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Purwoharjo. Data awal yang didapat menunjukkan saat pembelajaran siswa kurang memperhatikan materi dari guru, 3 dari 10 siswa kurang memahami materi sistem pernapasan pada manusia, dan kurangnya kemampuan dalam menjawab pertanyaan mengenai gangguan pernapasan pada manusia oleh 4 siswa dari 10 siswa. Data tersebut terjadi karena minat belajar siswa yang rendah, dan guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, penjelasan guru hanya monoton serta media kurang menarik. Maka untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran di kelas V dengan menerapkan model Project Based Learning (PJBL). Rumusan masalah penelitian: Bagaimanakah penerapan model pembelajaran  project based learning  untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi system pernapasan pada manusia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Purwoharjo? Bagaimanakah penerapan model pembelajaran  project based learning  untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam materi Sistem pernapasan manusia dan gangguan organ pernapasan pada manusia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Purwoharjo? Tujuan praktik mengajar  yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Purwoharjo. Langkah kegiatan praktik mengajar  meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil  penelitian pada praktik mengajar 2  diperoleh data 70% Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mencapai 60% dari jumlah siswa. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran project based learning secara bertahap dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Purwoharjo. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran project based learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Purwoharjo

Full Text:

PDF

References


Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar tahun 2021

Kurikulum 2013 SD Inpres Perumputan Tahun 2020

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar


Article Metrics

Abstract view : 1185 times | PDF view : 363 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indri Marlita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License