PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V SD NEGERI 103 LUMBEWE

Asriani Asriani(1*),

(1) SD Negeri 103 Lumbewe
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26491

Abstract


Hasil belajar sangat penting dalam pembelajaran. Hasil belajar merupakan suatu hasil yang nyata yang dicapai oleh siswa dalam usaha menguasai materi pembelajaran yang diwujudkan berupa hasil evaluasi. Dengan adanya hasil belajar tersebut kita mampu untuk melihat perkembangan yang dimiliki oleh siswa. Dalam pembelajaran IPA, hasil belajar dapat digunakan sebagai acuan tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air.  (2) Bagaimanakah proses penggunaan model pembelajaran discovery learning pada materi siklus air; dan (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-A SD Negeri 103 Lumbewe, Kabupaten Luwu Timur yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.

Keywords


Discovery Learning, Siklus Air, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggit Bagus Nugroho. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui model Pembelajaran Discovery Terbimbing pada siswa kelas V SDN Condongcatur Yogyakarta, Skripsi. Yokyakarta.

Azhari. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri UNGGUL Sigli. Jurnal Biologi Edukasi Vol.7 No.1, 16.

Depdiknas. (2003). Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta.

Puspitasari. (2009). Skripsi: “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas III Melalui Penerapan Model Guided Inquiry – Discovery”. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Dorkas Tambalo, I. d. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 KasimberMelalui Model Tanya Jawab pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Vol.2 No.4, 46.

Moedjiono Moh. Dimyati. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakata: Depdikbud.

Karyatin. (2016). Penerapan Modified Problem Bases Learning (PBL) dengan Gallery walk (GW) untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Peta Pikiran dan Hasil Belajar IPA. JPPIPA Vol.1 No.2, 43.

Ria Satini, A. A. (2015). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Jurnal Bahas , Sastra dan Pembelajaran Vol.2 No.1, 33.

Rizky Puspitadewi, A. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatakan Minat dan Prestasi Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan kelas XI MIA 3 Semester Genap SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia Vol.5 No.4, 115.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 435 times | PDF view : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Asriani Asriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License