PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KALIMAT SARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANGEBATAN

Amrah Amrah(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i1.26470

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran terutama muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Pangebatan Korwilcam dindik Karanglewas pada Tema 4 serta untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran yang sudah berjalan agar dapat lebih baik lagi. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Pangebatan menunjukkan bahwa banyak peserta didik dan orang tua kurang antusias dengan pembelajaran yang ada karena terasa monoton  dan membosankan. Hal ini dapat dilihat dalam pembelajaran Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 1, dari 12 peserta didik di kelas IV, hanya 50% saja yang dapat mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan tugas. Banyak masalah-masalah yang timbul diantaranya guru dan siswa belum siap dengan proses belajar daring yang harus mengahadirkan sarana dan prasarana yang mendukung. Siswa kurang aktif belajar secara mandiri dan guru tidak memaksimalkan penggunaan media dan model pembelajaran yang sesuai. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dan tidak tercapainya tujuan pembelajaran.

Dengan mengaplikasikan model Problem based learning maka Siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan kalimat saran atau pendapat. Terbukti dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dapat meningkatkan kemampuan siswa secara signifikan. Dapat dilihat dalam hasil akhir  bahwa dari 12 siswa sudah 7 siswa (58%) mampu memberikan kalimat saran dalam masalah sederhana, dengan kriteria penampilan, bahasa, isi,dengan baik atau berada pada kategori tinggi, 5 siswa (42%) mampu memberikan kalimat saran dalam masalah sederhana, dengan kriteria penampilan, bahasa, isi,dengan baik atau berada pada kategori sedang

Keywords


Problem Based learning, model pembelajaran, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. PikiranRakyatcom. https://www.pikiranrakyat.com/pendidikan/pr01353818/prosespembejalarandaring-di-tengahantisipasipenyebaran-virus-coronadinilai-belummaksimal. Diakses 20 Oktober 2020.

Fathiyah Isbaniah, d. 2020. Pedoman Pencegahan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Ani Widayati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Indonesia. Vol. VI. No. 1. Tahun 2008.

Serba Serbi, Technology. (2020) https://idcloudhost.com/mengenal-google-meet-fitur-keunggulan-dan-cara-menggunakannya/. Diakses 27 Oktober 2020.

Taufik Pasiak, Tuhan dalam Otak Manusia, Mewujudkan Kesehatan Spiritual Berdasarkan Neurosains, (Bandung: Mizan, 2012), 132. 3 Wikipedia, Neurosains, http://id.wikipedia.org/wiki/Neurosains, Diakses 12 Oktober 2020.

Tim Penyusun KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. 2005. Jakarta: Balai Pustaka.

Toeti, Soekamto. 1996. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License