PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI GROUP INVESTIGATION

SELISTIAWAN ARIS PURNOMO(1*),

(1) UPTD SDN KEDUNGDUNG 3
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26444

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi group investigation. Masalah yang ingin digali peneliti adalah melalui strategi group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V semester I UPTD SDN Kedungdung 3 Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang Tahun Pelajaran 2018/2019?

Peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 16 dengan 6 laki-laki dan  10 perempuan.

Hasil yang diperoleh dalampenelitian melalui strategi group investigation dapat dilihat dari peningkatan jumlah persentase tes formatif mulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Dalam pra siklus 56% siswa sudah tuntas, siklus I persentse hasil belajar siswa mencapai 69 % meningkat 19 % menjadi 88 % pada siklus II. Mengacu pada hasil penelitian peneliti menyarankan supaya guru lebih mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif..

Kata Kunci: strategi group investigation dan hasil belajar IPA             

 

This research is conducted in an effort to improve student learning outcomes through group investigation strategies. The problem that researchers want to explore is through group investigation strategies can improve IPA learning outcomes in students of class V semester I UPTD SDN Kedungdung 3 Kedungdung District Sampang School Year 2018/2019? Researchers used a type of class action study consisting of 2 cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflecting. The study subjects of class V students numbered 16 with 6 men and 10 women. Results obtained in research through group investigation strategies can be seen from the increase in the percentage of formative tests ranging from pre-cycle, cycle I, and cycle II. In pre-cycle 56% of students have completed, cycle I percenttse student learning outcomes reached 69% increased 19% to 88% in cycle II. Referring to the results of research...


Keywords


strategi group investigation dan hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

References


F. DAFTAR PUSTAKA

Abtokhi, Ahmad. (2008 ). Sainsuntuk PGMI dan PGSD. Malang: UIN-Malang press (anggota IKAPI).

Ahmadi, Abu, Widodo Supriyono. ( 2004). PsikologiBelajar. Jakarta: PT RinekaCipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2008 ). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT BumiAksara.

Azam, Much. (2012 ). AkrabdenganDunia IPA . Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Daryanto. ( 2011 ). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011 ). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kodir, Abdul. (2011 ). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kusaeri, Suprananto. (2012 ). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ngalim, M Purwanto. (2013 ). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Rahyubi, Heri. (2014 ). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Referens.

Rizema, Sitiatava Putra. (2013 ). DesainBelajarMengajarKreatifBerbasisSains. Jogjakarta: Diva press.

Rusman. ( 2011). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman, ( 2009).InteraksidanMotivasiBelajarMengajar. Jakarta: Rajawali.

Slametto. ( 2010 ). Belajar&faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rinekacipta

Slavin, Robert. ( 2009 ). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sriyanti, Lilik, dkk. ( 2013).Psikologi Penndidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Supardi. (2013 ). Model PembelajaranPortofolio. Salatiga: STAIN Salatiga press.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative learning teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. (2013 ). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group.(2013 ). TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Suyadi. (2010 ). PenelitianTindakanKelas. Yogyakarta: Diva Press.

Syuri, Ita, dkk. (2006 ). IPA aktif. Jakarta: Erlangga.

Wisudawati, Widi Asih. (2015). Metodologipembelajaran IPA. Jakarta: PT. Bumi aksara


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SELISTIAWAN ARIS PURNOMO

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License