PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING SISWA KELAS IV SD INPRES PAKATTO CADDI

Riza Kurniawan(1*),

(1) SDN 298 Inpres Nusa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26443

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Pakatto Caddi Kabupaten Gowa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Pakatto Caddi pada semester genap 2020/2021 berjumlah 17 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 78 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 67 dan nilai tertinggi 83 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 64,70 % dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 88,23 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Cooperative Learning, model pembelajaran, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakater. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, Suharsimi. Dkk., 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Kesembilan. Jakarta: Bumi Aksara.

Halimah, Andi.” Metode Cooperative Integrated Reading And Composition”, https://core.ac.uk/download/pdf/234746488.pdf

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riza Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License