UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MENYUSUN PENDAPAT PRIBADI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MURID KELAS IV UPT SPF SD NEGERI TIDUNG

Titi Harti Amban(1*),

(1) UPT SPF SD Negeri Tidung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26414

Abstract


Pandemi corona virus disease 2019 memaksa pemerintah membatasi pertemuan tatap muka pada pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh atau disebut daring. Kondisi ini membuat guru tidak dapat dapat melakukan banyak hal dalam membantu murid untuk menggali potensinya secara maksimal. Masalah utama yang di temukan di lapangan selama pembelajaran jarak jauh adalah murid mengalami kesulitan dalam menyampaikan pendapat pribadi secara lisan maupun tulisan. Melalui kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) selama mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) maka, dilakukan tindak lanjut terhadap masalah tersebut. Dengan fokus masalahnya adalah meningkatkan kemampuan murid dalam memberikan pendapat pribadi secara lisan maupun tulisan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung Kota Makassar. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IV UPT SPF SD Negeri Tidung dengan jumlah 23 orang.  Jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang membandingkan kemampuan awal dan akhir. Hasil dari pembelajaran yang dilakukan jarak jauh melalui apikasi zoom dengan menggunakan media power point (ppt) adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan murid dalam menyampaikan pendapat pribadi secara lisan maupun tulisan sehingga memberikan dampak yang sangat baik dalam meningkatkan hasil belajar.

Keywords


Problem Based Learning, Keterampilan berpendapat

Full Text:

PDF

References


Agustin, V. N. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2 (1).

Amban, Harti Titi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Murid Kelas V SDN Maccini IV Kota Makassar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNM. Makassar.

Ihsan, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPS SMA N 1 Suralaga Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Media Biana Ilmiah, 14(6): 45-49

Suryani, Karmila. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Peserta Didik Menggunakan Problem-Based Learning. Journal Pendidikan, 17 (2).

Wijayanti, R. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar Pkn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Basic Education, 5(34), 3- 227.

Wulandari, E. 2012. Penerapan Model PBL (Problem based learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1).


Article Metrics

Abstract view : 696 times | PDF view : 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Titi Harti Amban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License