PENERAPAN PERAGA TULANG NAPIER MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI PERKALIAN SISWA KELAS V

Dwi Nursakti Prihatinningsih(1*),

(1) SDN 2 SEDAYU
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26400

Abstract


Penelitian ini bertujuan  meningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Perkalian dengan menerapkan Peraga Tulang Napier pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sedayu Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten.

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang ada di setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah. Matematika juga menjadi salah satu dari tiga mata pelajaran yang mulai tahun pelajaran 2007/2008 dimasukkan dalam UASBN. Namun kenyataannya sampai sekarang masih ada siswa yang kurang berminat terhadap pelajaran Matematika dan hasil belajar Matematika pun belum menunjukkan hasil yang optimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan peraga Tulang Napier dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada operasi hitung perkalian bersusun.Metode pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti yang kebetulan sebagai kepala sekolah, dan teman sejawat (guru).

Penelitian ini dilaksanakan pada 24 siswa. Fokus penelitian ini adalah hasil belajar Matematika pada operasi hitung perkalian dan efektifitas penggunaan peraga Tulang Napier. Menggunakan dua siklus.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh pada siklus I dan siklus II dengan SK/KD (Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar) dan indikator sama dalam kategori amat baik. Dengan melihat hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian, yaitu penerapan peraga Tulang Napier dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada operasi hitung perkalian bersusun siswa kelas V SD Negeri 2 Sedayu Kecamatan Tulung. Adapun peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata kelas 71,6 pada siklus I menjadi 80,6 pada siklus II. Peningkatan yang lain adalah keaktifan siswa  dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Peraga Tulang Napier mencapai skor 3,12 pada siklus I dan meningkat menjadi skor 3,58 pada siklus II.

 


Keywords


Hasil Belajar Matematika, Peraga Tulang Napier, Operasi Hitung Perkallian

Full Text:

PDF

References


Titik Sunarti, 2008, Modul Pembelajaran Diklat Peningkatan Profesi Guru Mata Pelajaran Matematika, Wonosobo : Pemerintah Kabupaten.

Subagyo, 2008, Jurnal Pendidikan Widyatama; Jawa Tengah: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.

_______, Permendiknas RI No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jakarta : CV Timur Putra Mandiri.

Darhim, 1992, Work Shop Matematika, Jakarta: Depdikbud Bagan Proyek Penataran Guru SLTP setara D-III.

FR Yayah, 2006, Proposal Upaya Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Melalui Pembelajaran Membaca Pemahaman Dan Menulis Karangan Dengan Gambar Seri, Wonosobo : tidak diterbitkan.

Hairudin, dkk, 2007, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas.

Handoko Tri, 2006, Terampil Matematika 5, Jakarta : Yudhistira,

HP Mulyadi, 2006. Permasalahan Dalam Penelitian Tindakan Kelas, Semarang : LPMP.

Kurniawati Ira, 2007, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Dengan Menggunakan Peraga Manik Positif Dan Negatif, Wonosobo : tidak diterbitkan.

Slameto, 1999, Faktor-Faktor Yang Terkait Dengan Rendahnya Tingkat Pencapaian Hasil Belajar Matematika, Salatiga : Satya Widya.

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.

Slameto, 2006, Pengembangan Karya Tulis Ilmiah, Salatiga: UKSW.

Sobel Max A dan Maletsky Evan M, 2002, Mengajar Matematika: Sebuah Buku Sumber Alat Peraga. Aktiitas dan Strategi, Jakarta : Erlangga.

Sumantri Mulyani dan Permana Johar. 2001. Strategi Belajar Mengajar, Bandung : Maulana


Article Metrics

Abstract view : 163 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 nur ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License