Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VI SD

Yusnadi Yusnadi(1*),

(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i1.26389

Abstract


Masalah dalam  penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VI. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis Peserta Didik kelas VI UPT SD Inpres 12/79 Karella Kecamatan Mare  Kabupaten Bone.Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian dilakukan di kelas VI UPT SD Inpres 12/79 Karella Kecamatan Mare  Kabupaten Bone. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas VI dengan jumlah sebanyak 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perkembangan sikap tanggung jawab peserta didik. Perkembangan tersebut dapat dilihat pada setiap siklus. Perkembangan dari pelaksanaan proses pembelajaran dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I kualifikasi cukup menjadi kualifikasi baik pada siklus II sehingga standar keberhasilan kemampuan berpikir kritis tercapai.


Keywords


PBL, Berpikir kritis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 yusnadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License