Peningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD
Januar Wahyu Dwi Rusyana
(1*),
(1) SD NEGERI 3 KARANGTALUN KIDUL
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26307
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik SD Negeri 3 Karangtalun Kidul Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Tujuan dilaksanakan Penelitian ini untuk Peningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD. Subjek penelitian ini peserta didik Di Sekolah Dasar Negeri 3 Karangtalun Kidul. Teknik Penelitian ini dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil refleksi siklus pertama digunakan untuk merevisi pembelajaran kedua sampai siklus tiga. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar peserta didik adalah 65 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan pelajaran dan 85% ketuntasan secara klasikal. Dari pelaksanan perbaikan pembelajaran pra siklus hasil belajar masih rendah. Pembelajaran dilakukan 3 siklus selama PPL diperoleh hasil adanya peningkatan keaktifan peserta didik berdasarkan hasil observasi dan hasil belajar dibuktikan dengan tes formatif. Selain itu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan tiap siklusnya, ketuntasan hasil belajar mencapai 71 % peserta didik peserta didik memenuhi KKM pada siklus satu. Pada siklus kedua ketuntasaan hasil belajar bertambah menjadi 81 %, dan pada siklus tiga hasil belajar mencapai 90 %. Hasil ini sudah melebihi kriteria keberhasilan kegiatan pembelajaran secara klasikal. Kesimpulan hasil Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar, baik secara individu maupun secara klasikal.
Keywords
Problem Based Learning, hasil belajar
References
Amir, M. Taufiq. 2008. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana
Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13
Ristasa R dan Prayitno, 2007. Panduan Penulisan Laporan Perbaikan Pembalajaran(Penelitian Tindakan Kelas ) Purwokerto UPBJJ UniIersitas Terbuka
Udin S, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : UniIersitas Terbuka.
Winataputra, Udin S. dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : UniIertas Terbuka
Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta. Prenadamedia Group
Article Metrics
Abstract
view : 65 times |
PDF view :
26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Januar Wahyu Dwi Rusyana
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License