Peningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD

Januar Wahyu Dwi Rusyana(1*),

(1) SD NEGERI 3 KARANGTALUN KIDUL
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26307

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik SD Negeri 3 Karangtalun Kidul Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Tujuan dilaksanakan Penelitian ini untuk Peningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD. Subjek penelitian ini peserta didik Di Sekolah Dasar Negeri 3 Karangtalun Kidul. Teknik Penelitian ini dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil refleksi siklus pertama digunakan untuk merevisi pembelajaran kedua sampai siklus tiga. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar peserta didik adalah 65 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan pelajaran dan 85% ketuntasan secara klasikal. Dari pelaksanan perbaikan pembelajaran pra siklus hasil belajar masih rendah. Pembelajaran dilakukan 3 siklus selama PPL diperoleh hasil adanya peningkatan keaktifan peserta didik berdasarkan hasil observasi dan hasil belajar dibuktikan dengan tes formatif. Selain itu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan tiap siklusnya, ketuntasan hasil belajar  mencapai 71 % peserta didik peserta didik memenuhi KKM pada siklus satu. Pada siklus kedua  ketuntasaan hasil belajar bertambah menjadi 81 %, dan pada siklus tiga hasil belajar mencapai 90 %. Hasil ini sudah melebihi kriteria keberhasilan kegiatan pembelajaran secara klasikal. Kesimpulan hasil Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar, baik secara individu maupun secara klasikal.

Keywords


Problem Based Learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. 2008. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana

Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13

Ristasa R dan Prayitno, 2007. Panduan Penulisan Laporan Perbaikan Pembalajaran(Penelitian Tindakan Kelas ) Purwokerto UPBJJ UniIersitas Terbuka

Udin S, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : UniIersitas Terbuka.

Winataputra, Udin S. dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : UniIertas Terbuka

Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta. Prenadamedia Group


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Januar Wahyu Dwi Rusyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License