Penerapan Discovery Learning dalam Mengembangkan Sikap Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas V SD Inpres Ako

ANDI MUHAMMAD RIJAL(1*),

(1) SD INPRES AKO
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26305

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat mengembangkan sikap rasa ingin tahu siswa kelas V SD Inpres Ako Kabupaten Pasangkayu. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 30 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan pengamatan. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengamatan aktivitas mengajar guru pada siklus I yaitu rata-rata sebesar 83,33% berada pada kategori baik dan pada siklus II rata-rata sebesar 97,22% berada pada kategori  baik. Pencapaian skala aktivitas belajar peserta didik pada siklus I yaitu rata-rata 76,58 secara klasikal berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II mengalami perbaikan dengan rata-rata 86,11 dikategorikan baik (B). Data hasil observasi perkembangan sikap rasa ingin tahu peserta didik pada siklus I belum tuntas, karena jumlah peserta didik  yang tuntas belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80% peserta didik mendapat nilai sikap 2,67-4,00. Sedangkan pada siklus II terdapat 86,67% peserta didik mendapat nilai sikap 2,67-4,00 dan dianggap tuntas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning dapat mengembangkan sikap rasa ingin tahu peserta didik

Keywords


Model Pembelajaran Discovery Learning, Mengembangkan Sikap Rasa Ingin Tahu Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2011.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara Daryanto, dan Suryati Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah

Dasar. Yogyakarta: Diva Press

Djamarah, Bahri. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kurniawan,Syamsul. 2017.Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Kurniasih,Imas. 2014. Teknik dan Cara Mudah membuat Penelitian Tindakan Kelas untuk

Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kata Pena.

Mustari.2011. Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo Nana,Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Oktaviani, Winda. 2017.Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V SD Negeri 186/1 Sridadi. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Lembaga Negara Republik Indonesia

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2016. Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Tentang Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.2010. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Sanjaya,Wina. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana Pranada Media Grup Sugiyono. 2014.Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suryana ,AA, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama. Sutrio Hadi,dkk. 2010. Kamu Bisa Jadi Ilmuan. Tanggerang. Nobel Edumedia.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Belajar


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ANDI MUHAMMAD RIJAL

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License