PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KERJASAMA SISWA KELAS VI SD NEGERI 229 WARU KECAMATAN MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR

Andi Sompa Andi Sompa(1*),

(1) SD Negeri 229 Waru
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26295

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Matematika melalui peningkatan kerjasama dan sikap percaya diri siswa. Guru mengajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Menentukan Mean, Median dan Modus dari data Tunggal untuk melihat peningkatan pada sikap percaya diri dan kerjasama antar siswa dalam menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 229 Waru Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur dengan Jumlah siswa 15 orang. Penelitian ini melibatkan keaktifan siswa, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 229 Waru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui kerjasama dan sikap kepercayaan diri siswa dalam belajar. Kelebihan dari penerapan Model Problem Based Learning antara lain siswa dapat melatih kerjasama dalam kelompok, siswa lebih aktif dalam pembelajaran, kemampuan siswa akan lebih terasah, dapat memunculkan sikap percaya diri siswa ketika bekerjasama dalam kelompok, dapat pula meningkatkan  semangat  siswa dalam bekerja kelompok.

Keywords


Based Learning, Sikap Percaya Diri dan Kerja Sama,Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Kemdikbud. (2013) Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013.

Wijaya, A (2014). “Contoh Penerapan Model pembelajaran Berbasis Masalah Matematika”.

Shofiah. V, Hubungan Kepercayaan Diri dan Motivasi Berprestasi Belajar Pada Mahasiswa, UI basic, Surakarta, T.A 2000/2001, Thesis ppd UGM, Yogyakarta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas .

Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitati dan Kunatitaf, Pustaka Belajar: Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 614 times | PDF view : 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Sompa Andi Sompa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License