Strategi Pembelajaran Card Short Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas 1 SDN T Tambaksari

suwarti suwarti(1*),

(1) SDN TAMBAKSARI
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26191

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika terdapat 50% masih di bawah KKM. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dan pembelajaran terfokus dengan buku siswa sehingga siswa bosan, tidak memperhatikan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran Card Sort terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Tambaksari Kecamatan Kembaran pada materi bangun datar. Metode penelitian menggunakan Pre- Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Hasil belajar nilai rata-rata siswa sebelum diberikan perlakuan pretest sebesar 62,5 dan nilai rata-rata siswa sesudah diberikan perlakuan posttest sebesar 75,54. Setelah diberi perlakuan dengan menggunakan strategi card sort nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,04. Rata-rata minat belajar siswa yaitu 73 % dan dapat dikategorikan dalam tingkat minat belajar yang baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran card sort efektif terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Tambaksari Kecamatan Kembaran.


Keywords


Strategi Card Short,Hasil Belajar,Minat belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta A.Y.Soegeng. 2018. Filsafat Pendidikan Yogyakarta : Magnum Pustaka Utama.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djaramah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar . Jakarta: PT Rineka Cipta. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : PT. Pustaka Insan Madani. Karso. 2012. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mudjiono dan Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 suwarti suwarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License