MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
(1) SD Negeri Tegalsari 05
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26180
Abstract
Abstrak. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran model problem based learning dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan dan melatih siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan kontekstual untuk belajar cara berpikir kritis dan untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial, serta model problem based lerning bersifat student centered atau berpusat pada siswa, artinya siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model Problem BasedLearning (PBL) dalam pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri Tegalsari 05 melalui langkah-langkah : orientasi peserta didik, mengorganisasi peserta didik dalam belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerapan model problem based learning telah mencapai indikator keberhasilan yaitu: nilai peserta didik meningkat, meningkatkan semangat peserta didik dan meningkatkan keaktifan peserta didik. Adapun kendala dalam penerapan model problem based learning yaitu: pada peserta didik, waktu dan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar tahun 2021
Kurikulum 2013 SD Inpres Perumputan Tahun 2020
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Article Metrics
Abstract view : 96 times | PDF view : 39 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yanu Arthadini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License