Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD Negeri Kokowa Kabupaten Gowa

Serli Serli(1*),

(1) SD Negeri Kokowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26161

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan  model pembelajaran kooperatif concept sentence terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Kokowa Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-Eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah One Group Pretest – Postest Design”, skor hasil belajar diukur sebelum dan sesudah perlakuan (penggunaan  model pembelajaran Concept Sentence). Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV sebanyak 25 orang. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis t-test. Hasil Penelitian membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Concept Sentence berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Kokowa Kabupaten Gowa dapat dilihat dari perolehan persentase yaitu sangat tinggi 52%, tinggi 40%, dan sedang 8%. Hal ini dapat dlihat berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung>ttabel yaitu (35.351>2.064) maka =Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, terdapat hubungan positif yang signifikan antara penggunaan model  concept sentence terhadap kemampuan menulis puisi siswa.

Keywords


Concept Sentence, Menulis Puisi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Penddikan Karakter. Bandung: Refika Aditama

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers

Herdian. 2009. Rancangan Penelitian Tindakan. Lokakarya Tingkat Lanjut Penelitian Kualitatif Angkatan V Tahun 1996/1997. Malang: IKIP Malang

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isuisu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munirah. 2018. Evaluasi Keterampilan Berbahasa Indonesia. Makassar: CV. Berkah Utami

Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno dan Yunus, M. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UniversitasTerbuka

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Serli Serli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License