PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN BUTUNG 1

syamsidar syamsidar(1*),

(1) UPT SPF SDN BUTUNG I
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26155

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Butung I pada pembelajaran tematik tema 9, sub tema 3, pembelajaan 3. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi experiment tipe nonequivalent control group design kepada seluruh siswa kelas IV A dan IV B. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan kuesioner . Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 pembelajaran 2. Besarnya pengaruh sebesar r = 0,65 atau setara dengan 42% yang termasuk dalam kategori efek besar. Hasil uji perbedaan selisih skor pretest-posttest menggunakan statistik parametrik dengan Independent samples t-test menunjukkan bahwa rerata selisih skor pada kelompok eksperimen (M = 33,06, SE = 1,19) lebih tinggi daripada rerata selisih skor pada kelompok kontrol (M = 19,84, SE = 1,86). Perbedaan tersebut signifikan dengan t(46,67) = -5,96 dan p = 0,00. Harga Sig. (2-tailed) < 0,05 maka Hnull ditolak dan H1 diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara selisih skor posttest-pretest pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.

Keywords


PBL, Hasil belajar, Tematik

Full Text:

PDF

References


BSNP.(2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang tandar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Kountur, Ronny.Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis.Jakarta : Penerbit PPM

Priyatno, D. (2012). Belajar Praktis Analisis Parametric dan Non Parametric dengan SPSS.Yogyakarta: Gava Media

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Kompetensi Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Indeks

Sudijono.(2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Raja Grafindo Jakarta

Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta

Trianto.(2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 syamsidar syamsidar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License