PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELAS III SD INPRES 5/81 TIMUSU PADA TEMA 8 SUB TEMA 1 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

UMRAH UMRAH(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26142

Abstract


Abstrak.Penelitian ini sangat sesuai dengan masalah yang ada yaitu kurangnya peran serta aktif peserta didik ketika mengikuti pembelajaran pada tema 8 sub tema 1 maka dengan model pembelajaran problem based learning peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan “Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar  pada materi tema 8 sub tema 1 bagi peserta didik kelas III SD Inpres 5/81Timusu” Pelaksanaan penelitian dibagi dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik diperoleh dari 1 tahun yang lalu. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar  pada pra siklus adalah 61,81 dan 36,36%. Setelah dilakukan siklus I rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan yaitu menjadi 70,9 dan 54,54%. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar adalah 79,09 dan 90,9%. Dari hasil tersebut disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran PBL pada materi tema 8 Sub tema 1 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas

Keywords


Problem Based Learning, hasilbelajartema 8 Sub Tema 1 Pembelajaran 3

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2002). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Surabaya: Insan Cendekia, Asyono (2005). Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta: PT Bumi Aksara, h.35.

Aunurrahman (2009). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Alfabeta.

Cunayah, Cucun, dkk (2008).Pelajaran Matematika Untuk SMP/MTS Kelas VI, Bandung: CV,Yrama Widya.

Dimyati dan Mudjiono. (1999).Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta,

Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sanjaya. (2020). Wina, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana.

Sudjana. (2005). Metode Statistika, Bandung: Tarsito.

Sudjiono, Anas. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tri Anni, Catharina, dkk. (1996). Psikologi Belajar, Semarang: UPT MKK UNNES.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Jakarta: Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 UMRAH UMRAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License