MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN IPA SD INP. SIMBORO

Sitti Halimah Thalib(1*),

(1) SD Inpres Simboro
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26126

Abstract


Penelitian ini sebagai kajian literature review bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dalam penerapan model Project Based Learning dalam Proses pembelajaran di SD Inpres Simboro. Adapun Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek 33 siswa dan siswi kelas V SD Inp. Simboro. Pengambilan data menggunakan angket dan observasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik dekskriptif dengan skala motivasi Belajar. Dari hasil analisis pada siklus I diketahui bahwa tigkat motivasi belajar siswa SD Inp. Simboro berada pada kategori Cukup sebesar 77% dan 23% sisanya berada pada kategori rendah. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 32% berada pada kategori tinggi, 48 % pada kategori cukup dan 20% pada kategori rendah. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkannya metode Proyek Bassed Learning (PBL) dappat meningkatkan motivasi Belajar siswa kelas V SD Inp. Simboro.

Keywords


Metode Pembelajaran Berbasis Proyek. Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdul Haling. 2007.Belajar dan Pembelajaran.Makassar.Badan Penerbit UNM.

Direktorat pembinaan Sekolah Dasar.2016.Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian

Sekolah Dasar.Jakarta: kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan

Dewi Insyasiska, Siti Zubaidah, Herawati Susilo.2015. Pengaruh Project Based Learning

terhadap motivasi Belajar,kreativitas, kemampuan berfikir kritis dan kemampua

kognitif siswa terhadap pembelajaran Biologi.Malang:Universitas Negeri Malang.

Krajcik, J.S., Harold, S., dan Morten, F.V.L. 2008. How Do Geckos. Using Phenomena to

Frame Project-Based Science in Chemistry Class. Jurnal The Science Teacher, Vol

:38-49

Prof. Dr.UmarTirtarahardjo,Drs.S.I.La Sulo.2010. Pengantar Pendidikan.Makassar.Badan

Penerbit UNM.

Samatowa, Usman .2006.bagaimana membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta :

Departemen Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 917 times | PDF view : 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 sitti halimah thalib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License