PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI ADAPTASI MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD KELAS VI SD N 1 KAUMAN

Yuliana Yuliana(1*),

(1) SD Negeri 1 Bojong
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26109

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil elajar IPA peserta didik kelas 6 SD N 1 Kauman pada materi Adaptasi Tumbuhan terhadap lingkungannya kelas VI Semester 1. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Data dikumpulkan melalui teknik observasi guru (pengamatan), penilaian diri, penilaian antar teman, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya ada dua yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk memberikan informasi yang menggambarkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar, serta pelaksanaan pembelajaran, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis nilai keterampilan kerjasama ( Collaboration  Skill ) dan hasil belajar peserta didik. Tindakan perbaikan pembelajaran berlangsung dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 2 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung peserta didik aktif mengikuti dengan baik. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik mulai dari pembagian kelompok, persiapan membawa tumbuhan dan hewan yang akan diamati, menyimak PPt Narasi, pengamatan, berdiskusi, menyusun laporan, presentasi sampai evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan media flash video pada materi ciri khusus tumbuhan dan hewan berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas 6 SD Negeri 1 Kauman. Rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah 85 atau bernilai B dan masuk kategori baik. Peserta didik yang tuntas KKM menjadi 18 peserta didik atau 90% dari total jumlah peserta didik secara keseluruhan.

 

 


Keywords


IPA, Pembelajaran Tematik, STAD, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abduh, M. (2014). Evaluasi Pembelajaran Tematik Dilihat Dari Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 2(1), 1-9.

Abduh, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-integratif Berbasis Sosiokultural Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 44-61.

Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

(inovatif). Bandung: Yrama Widya

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Hidayah, N. (2017). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49.

http.//sarinisswety.blogspot.co.id/2011/12/pengertian-metodemodel pembelajaran.

html diakses tanggal 25/11/2018 pukul 20:16

http.//ayo mengajar indonesia.co.id/2012/12/belajar-kelompok.html diakses tanggal 25/11/2018 pukul 20:54

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendikbud

Kurniasih, Imas, dkk. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Mawardi, H. (2014). Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Kelas I SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(7), 1-9.

Roestiyah. (2008). Model dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman, 2012.Model-Model Pembelajaran. Bandung: Seri manajemen Sekolah bermutu.

Syaiful Bahri Djamarah. (1999). Prestasi belajar dan kompetesi guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsuddin A.R. & Vismaia S.Damainanti. (2006). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif Inovatif Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Prenada Media


Article Metrics

Abstract view : 797 times | PDF view : 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yuliana Yuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License