MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN BENDA KONKRET MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV
(1) SDN 353 Patalabunga
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26107
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan benda konkret melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siswa kelas IV. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 353 Patalabunga Kec. Larompong Kab. Luwu pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 10 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 78 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 69 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 37,5% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 87,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan benda konkret melalui pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV SDN 353 Patalabunga.
Keywords
Prestasi belajar IPA, dan Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL)
Full Text:
PDFReferences
Agung, A.A. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media
Aqib, Zinal.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi., dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Fanany, El. 2013. Guru Sejati Guru Idola. Yogyakarta: Araska
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurkencana, Wayan & Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya Usaha Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 42 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 jumrah jumrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License