MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN BENDA KONKRET MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS IV

jumrah jumrah(1*),

(1) SDN 353 Patalabunga
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26107

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan benda konkret melalui  pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siswa kelas IV. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 353 Patalabunga Kec. Larompong Kab. Luwu pada semester ganjil   2021/2022 yang berjumlah 10 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 78 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 69 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 37,5% dan pada siklus II  terjadi peningkatan yakni 87,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan benda konkret melalui pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV SDN 353 Patalabunga.

Keywords


Prestasi belajar IPA, dan Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media

Aqib, Zinal.2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Fanany, El. 2013. Guru Sejati Guru Idola. Yogyakarta: Araska

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurkencana, Wayan & Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya Usaha Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 jumrah jumrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License