Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Peroblem Based Learning Dengan Menggunakan Media Audio Visual Kelas V UPTD SD Negeri 105 Barru

Wahyu Wahyu(1*),

(1) PPG Angkatan 1 Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26100

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Model Peroblem Based Learning Dengan Menggunakan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V UPTD SD Negeri 105 Barru. Data penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan diperoleh melalui tes diakhir setiap siklus. Sedangkan data aktivitas siswa dan proses pelaksanaan pembelajaran oleh guru diperoleh dengan lembar observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan menerapkan Model Peroblem Based Learning Dengan Menggunakan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata niai siswa pada siklus I 71,66 dan pada siklus II 79,44. Capaian siswa yang tuntas berdasarkan KKM yang ditetapkan oleh sekolah pada siklus I yaitu 4 orang (44,44%) dan pada siklus II yaitu 8 orang (88,89%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Model Problem Based learning, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT. Bumi Aksara.

----------- 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Gintings, A. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Hamzah, dkk. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif,Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iskandar, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan publikasinya untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penelitian PTK bagi Mahasiswa. Cilacap: Ihya Media.

Majid, A. 2011. Penilaian Auntentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murfiah, U. 2017. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Universitas Pasundan.

Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA PRESS.

Rusman. 2012. Model Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran PBL itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2014. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Toharudin, U. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 970 times | PDF view : 242 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 wahyu WAHYU

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License