MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN BERBANTUAN MEDIA UANG MAINAN PADA SISWA KELAS 2 SDN KARANGASRI 1 NGAWI

Tantri Ratna Sari(1*),

(1) SDN KARANGASRI 1 Ngawi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26097

Abstract


Peningkatan hasil belajar Matematika Kelas 2 SDN Karangasri 1 Ngawi dengan menggunakan metode Role Playing dengan berbantuan media uang mainan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas 2 SDN  Karangasri 1 Ngawi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas adalah siswa Kelas 2 SDN Karangasri 1 Ngawi yang berjumlah 30 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tulis dan observasi sikap motivasi siswa. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 90. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 70% dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 93,3%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran metode Role Playing dengan berbantuan media uang mainan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1330 times | PDF view : 467 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tantri Ratna Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License