MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DENGAN BERBANTUAN MEDIA UANG MAINAN PADA SISWA KELAS 2 SDN KARANGASRI 1 NGAWI
(1) SDN KARANGASRI 1 Ngawi
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26097
Abstract
Peningkatan hasil belajar Matematika Kelas 2 SDN Karangasri 1 Ngawi dengan menggunakan metode Role Playing dengan berbantuan media uang mainan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas 2 SDN Karangasri 1 Ngawi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas adalah siswa Kelas 2 SDN Karangasri 1 Ngawi yang berjumlah 30 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tulis dan observasi sikap motivasi siswa. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 90. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 100. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 70% dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 93,3%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran metode Role Playing dengan berbantuan media uang mainan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1330 times | PDF view : 467 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tantri Ratna Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License