MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SD DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Aisah Aisah(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26096

Abstract


Model (PBL) mengajak siswa agar mampu melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa ,sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan masalah tersebut Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ). Penelitian ini menggunakan studi dokumen atau hasil-hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal melalui Google Cendekia. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah : “Upaya peningkatan hasi lbelajar”, “ PBL”, dan “pembelajaran IPA SD”. Dari model Problem Based Learning dipilih 10 hasil penelitian untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPA pada siswa Sekolah Dasar. Selain itu ,tujuan dalam pembelajaran IPA pada Sekolah Dasar yaitu diharapkan dengan model pembelajaran berbasis masalah ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga nilai hasil belajar siswa dapat mencapai diatas batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tandanya guru sudah mampu mengatasi masalah dalam pembelajaran IPA dengan strategi pemecahan masalah, dan berhasil dalam pencapaian tujuan indikator dari tiap-tiap kompetensi dasar pembelajaran IPA yang diinginkan, bisa tercapai semuanya. Maka dari itu ,penggunaan model pembelajaran berbasis masalah cocok digunakan dan diterapkan untuk Kurikulum 2013 dengan pembelajaran Saintifik pada jenjang Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Adiyatmaningsih, N. P. H., Suara, I. M., &Kristiantari, M. R. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Iii Gianyar. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).

Chitika, P. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN

Jepon Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Semester II Tahun Ajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).

Devi, D. S. 2012. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman (Doctoral dissertation,

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA).

Dewantara, D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin.

Paradigma, 11(2).

Fatimah, F & Widiyatmoko, A. 2014. Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengaran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).

Handika, I & Wangid, M. N. 2013. Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1): 85-93.

Hartini, T. I Kusdiwelirawan, A., & Fitriana, I. 2014. Pengaruh Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Tes Open Ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Listyawati, M. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).Madyopuro 3

Kecamatan Kedungkandang kota Malang/Ebti Lusiana Dumgair.

Nasution, F. V. 2012. Penerapan model PBL untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA SiswaKelas III SD Mutiara Harapan Lawang. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Nurdyansyah, N. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Perida, F. W. P. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA


Article Metrics

Abstract view : 552 times | PDF view : 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aisah Aisah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License