MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SD DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26096
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adiyatmaningsih, N. P. H., Suara, I. M., &Kristiantari, M. R. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Iii Gianyar. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1).
Chitika, P. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN
Jepon Kecamatan Jepon Kabupaten Blora Semester II Tahun Ajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).
Devi, D. S. 2012. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman (Doctoral dissertation,
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA).
Dewantara, D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin.
Paradigma, 11(2).
Fatimah, F & Widiyatmoko, A. 2014. Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengaran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).
Handika, I & Wangid, M. N. 2013. Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1): 85-93.
Hartini, T. I Kusdiwelirawan, A., & Fitriana, I. 2014. Pengaruh Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Tes Open Ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Listyawati, M. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).Madyopuro 3
Kecamatan Kedungkandang kota Malang/Ebti Lusiana Dumgair.
Nasution, F. V. 2012. Penerapan model PBL untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA SiswaKelas III SD Mutiara Harapan Lawang. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
Nurdyansyah, N. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Perida, F. W. P. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Article Metrics
Abstract view : 552 times | PDF view : 146 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aisah Aisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License