PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD NEGERI KEMANDUNGAN 3 KOTA TEGAL

Suparto Suparto(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26095

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas IV SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal. Pembelajaran selama ini hanya berpusat pada guru (teacher centered), sehingga hasil belajar tidak sesuai harapan. Rumusan masalah diuraikan sebagai berikut: Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan lembar pengamatan dan penilaian kinerja. Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh data hasil belajar siswa mencapai 36% dari jumlah siswa. Hasil penelitian siklus 2, proses belajar telah mengalami peningkatan dan diperoleh data 72% siswa telah menunjukkan hasil belajarnya. Peningkatan memuaskan terjadi pada siklus 3 yang menunjukkan data 96% siswa telah memenuhi KKM dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang diterapkan dengan baik dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal.


Keywords


Problem Based Learning, Model Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aeni, A. (2014). Pendidikan karakter untuk siswa sd dalam perspektif islam. Mimbar

Sekolah Dasar, 1(1), 50-58. doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.863.

Aeni, A. (2015). Menjadi guru sd yang memiliki kompetensi personal-religius melalui program one day one juz (odoj). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212-223.

doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1331.

Atmojo, S. E. (2013). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam peningkatan hasil belajar pengelolaan lingkungan. Jurnal Kependidikan , 43(2), 134-143.

Hanifah, N. (2016). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI Press.

Kosasih. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta. Nopia,R., Julia, &Sujana, A. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap

Keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada materi daur air.Pena Ilmiah,1(1), 641-650

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru .

Jakarta: Rajawali Pers.

Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Kontruktivistik. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujana, A. (2014). Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA teori dan Praktik. Bandung: Rizqi Press.

Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Warsono, H. &. (2014). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 448 times | PDF view : 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suparto Suparto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License