PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL POWER POINT PADA SISWA KELAS III SD

Debora Sindi Pratiwi(1*),

(1) SDN BANGO 1 DEMAK
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26092

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan siswa, dan hasil belajar siswa yang kurang terhadap materi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media audio visual power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran siswa kelas III SDN Bango 1, Kabupaten Demak. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dimana fokus yang diteliti adalah media dan metode pembelajaran yang digunakan yaitu media audio visual dengan power point. Setting dan subjek penelitian dilakukan di ruang kelas III sebanyak 9 orang siswa di SDN Bango 1. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes tiap siklus, kemudian nilai tersebut dikelompokkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Melihat hasil observasi, penggunaan media audio visual power point dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga hasil belajar dapat meningkat.Penggunaan media audio visual dengan power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Bango 1 dengan baik.

Keywords


: media audio visual power point, SDN Bango 1

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Kurikulum 2013 SDN Bango 1 Tahun 2021

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Debora Sindi Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License