PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS II

Sitti aisyah(1*), Muhammad Faisal(2), Sriyanti Sinusi(3),

(1) SDN 86 Talotenreng
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Kip Barabaraya 2
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26090

Abstract


Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan berpikirnya yang menentukan bagaimana seseorang memecahkan masalah, membuat keputusan, dan memahami sesuatu, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas II di SDN 86 Talotenreng Kabupaten Wajo tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan pada 15 siswa yaitu 7 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan 2 langkah yang diawali dengan melakukan observasi selama pembelajaran berlangsung, serta melengkapi dokumentasi untuk memperkuat hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 9 di siklus 1 siswa berada pada kategori baik sedangkan pada siklus II siswa berada pada kategori sangat baik.

Keywords


Problem Based Learning, Keterampilan berpikir kritis, Tema 9

Full Text:

PDF

References


David W. Johnson. 2010. Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama. Jakarta: Nusamedia

Gall, W.P., & Bong, W. R. (2003). Educational Research: an Introduction (Seventh Edition). New York: Pearson Education, Inc.

Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran) . Medan : Media Persada

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajagrafindo persada.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sitti aisyah, Muhammad Faisal, Sriyanti Sinusi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License