PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SD

rasimah arsyam(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26089

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar pada siswa kelas IV SD Islam Al Azhar 34 Makassar sebanyak 39 siswa tahun ajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis statistik normalitas, homogenitas, dan uji t, diperoleh bahwa ada pengaruh metode pembelajaran problem based learning  terhadap hasil belajar siswa kelas 1 SD Islam Al Azhar 34 Makassar. Kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL), hasil siswa memiliki rata-rata skor pretest 56,54 dan posttest 85,3 Adapun untuk kelas kontrol memiliki skor rata-rata hasil belajar pretest 47,21 dan posttest 77,10


Keywords


PBL, Hasil belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 rasimah arsyam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License