PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN 194 BUNTU LIMBONG KAB. ENREKANG

hawaenah hawaenah(1*),

(1) SDN 194 Buntu Limbong
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26087

Abstract


Hasil refleksi pembelajaran IPA di kelas V SDN 194 Buntu Limbong Enrekang menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran belum dimulai dengan permasalahan, guru belum memotivasi siswa untuk aktif terlibat dalam pemecahan masalah yang dipilih, belum melaksanakan penyelidikan guna mendapatkan informasi, guru belum membimbing siswa menyiapkan karya yang sesuai, siswa belum mempresentasikan hasil karya, kurangnya media yang menumbuhkan minat dan motivasi siswa serta mudah diingat. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar pembelajaran IPA rendah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan media audiovisual. Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui model Problem Based Learning dengan media audiovisual pada siswa kelas V SDN 194 Buntu Limbong Enrekang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan/observasi, refleksi dan revisi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 194 Buntu Limbong Enrekang.

Keywords


IPA , Problem Based Learning, audiovisual

Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. 2010. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Aqib, Zaenal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Aridalena, Eky Julitina dan Rima Rikmasari. 2014. Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar islam Terpadu (SDIT) AN- Nadwah Tambun Selatan Kabupaten Bekasi PEDAGOGIK Vol. III, No. 1, Februari 2015 hlm. 22-33

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Basuki, Ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BSNP.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran.Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. 2009. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Ekosiswoyo, Rasdi dan Maman Rachman. 2002. Manajemen Kelas. Semarang: IKIP Semarang Press.

Frank Ng, Siok San Tan C. K, 2006. A problem-based learning approach to entrepreneurship education. Education + Training, Vol. 48 Iss 6 pp. 416 – 428.

Tomkinson, Bland C and helen E Dobson. 2012. Creating sustainable development change agents through problem-based learning. International Journal of Sustainability in Higher Education, Vol. 13 Iss 3 pp. 263 - 278

Herrhyanto, Nar dan H.M Akib hamid. 2007. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hipi, Rahmudin. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi IPA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan LKS di SD Negeri 2 Tuladenggi. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 1 No. 3 ISSN 2354 614X. Hlm. 48-60

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, Wiwit Dwi dan suradjuddin. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Pojokerto I Jombang. JPGSD.Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014. Hlm.1-13.

Mukaromah, Nining dan Julianto. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Media Audio Visual pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPGSD.Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014. Hlm.1-9.

Mulyasa.2013.Menjadi Guru Profesional.Bandung:PT Remaja Rosda Karya. Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Permendiknas RI Nomor 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta:BSNP- Depdiknas.

Permendikbud RI Nomor 66 tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Permendikbud RI Nomor 104 tahun 2013 Tentang Penilaian Hasil BelajarOleh

Pendidik Pada Pendidikan dasar Pendidikan Menengah.

Perwita, Isa Bella Mustika. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah unttuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA untuk Siswa sekolah Dasar. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216. Hlm.1-8.

Poerwanti, Endang dkk. 2088. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains.

Jogyakarta: Diva Press.

Rahayu, Istihanah. 2013. Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Menggunakan Media Audio Visual Kelas V SD. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216. Hlm. 1-9.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi-Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor:

Ghalia Indonesia

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Wacana Prima.

Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta: Pustaka Belajar

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 hawaenah hawaenah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License