PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN TAMBAKREJA 02
(1) SD Negeri Tambakreja 02 Cilacap
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26083
Abstract
Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh data 60% Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan kemampuan minat siswa mencapai 40% dari jumlah siswa. Hasil penelitian siklus 2 diperoleh data 75% Langkah model terlaksana dengan baik, dan 65% siswa telah memiliki minat dan hasil belajar yang baik. Hasil penelitian siklus 3 diperoleh data 85% Langkah model terlaksana dengan baik, dan 80% siswa telah memiliki minat dan hasil belajar yang baik. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran PBL secara bertahap dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran PBL yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kelas V SD
Keywords
PBL, model pembelajaran minat dan hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Kunandar, 2008, Langkah mudan penelitian tindakan kelas sebagai
pengembangan profesiguru, Jakarta, PT Rajagrafindo Persada
Sanjaya Wina, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Kencana
Aqib, Zainal & Amrullah, Ahmad. 2018. PTK Penelitian Tindakan Kelas
Teori & Aplikasi.Yogyakarta: Penerbit Andi.
Huda Miftahul. 2019. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto.2009.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta:Pustaka Belajar
R Ibrahim & Syaodih Nana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT
Rineka Cipta
Article Metrics
Abstract view : 88 times | PDF view : 29 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 hindri kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License