PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN TAMBAKREJA 02

hindri kusuma(1*),

(1) SD Negeri Tambakreja 02 Cilacap
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26083

Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh data 60% Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan kemampuan minat siswa mencapai 40% dari jumlah siswa. Hasil penelitian siklus 2 diperoleh data 75% Langkah model terlaksana dengan baik, dan 65% siswa telah memiliki minat dan hasil belajar yang baik. Hasil penelitian siklus 3 diperoleh data 85% Langkah model terlaksana dengan baik, dan 80% siswa telah memiliki minat dan hasil belajar yang baik. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran PBL secara bertahap dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V SD. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran PBL yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kelas V SD

Keywords


PBL, model pembelajaran minat dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Kunandar, 2008, Langkah mudan penelitian tindakan kelas sebagai

pengembangan profesiguru, Jakarta, PT Rajagrafindo Persada

Sanjaya Wina, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Kencana

Aqib, Zainal & Amrullah, Ahmad. 2018. PTK Penelitian Tindakan Kelas

Teori & Aplikasi.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Huda Miftahul. 2019. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto.2009.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta:Pustaka Belajar

R Ibrahim & Syaodih Nana. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT

Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 hindri kusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License