PENINGKATAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV UPT SDN 191 BUBUN BIA ENREKANG

Ernayanti Hadham(1*),

(1) UPT SDN 191 BUBUN BIA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26076

Abstract


Penelitian ini menelaah Penerepan Problem Based Learning Pada Tema Kayanya Negeriku untuk meningkatkan percaya diri peserta didik di Kelas IV di UPT SDN 191 Bubun Bia. Adapun rumusan masalah yaitu, apakah percaya diri peserta didik dapat meningkat melalui penerapan model Problem Based Learning pada tema Kayanya Negeriku di kelas IV UPT SDN 191 Bubun Bia dengan tujuan peneliti untuk menjelaskan Penerapan Model Problem Based Learning  Pada Tema Kayanya Negeriku untuk meningkatkan Percaya Diri Peserta didik di kelas IV UPT SDN 191 Bubun Bia. Hal ini didasari  pada rendahnya percaya diri peserta didik dalam pembelajaran terbukti, kurang aktifnya siswa dalam mengemukakan pendapat, dan bertanya saat proses pembelajaran. Pendekatan uang di gunakan adalah pendekatan kualitatif, dimana persentase yang di peroleh dengan cara mendeskripsikan data dari hasil observasi yang dilakukan. Adapun subjek peneliti sebanyak 10 0rang yang terdiri dari 4 laki – laki dan 6 perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Peningkatan itu dapat dilihat dari persentase hasil belajar peserta didik pada tiap siklus, yaitu pada siklus I  berada pada kategori cukup ( C ) sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik ( B ), sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh signifikan dari penerapan Model Problem Based Learning Pada Tema  Kayanya Negeriku untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik  di kelas IV UPT SDN 191 Bubun Bia.

Keywords


PPL, Problem Based Learning , Percaya Diri

Full Text:

PDF

References


Akiba, M., & Liang, G. (2016). Effects of teacher professional learning activities on student achievement growth. The Journal of Educational Research, 109 (1), 99 – 110. https://doi.org/10.1080/00220671.2014.924470

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Jurnal Aspirasi, 10

(1), 1 –17. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v10i1.1229

Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Gaila Indonesia.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Somadayo, Samsu. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

UU No. 20 (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ernayanti hadham

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License