PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Wahyuningsih Wahyuningsih(1*),

(1) SDN 027 Renggeang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26075

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas VI SDN 027 Renggeang. Kegiatan ini dilaksanakan pada siklus 2 dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu mulai tanggal 15 Juli sampai 29 Juli 2021 di SDN 027 Renggeang. Kegiatan pembelajaran sebelumnya dilakukan identifikasi masalah yaitu Peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, Peserta didik kurang terlibat dalam proses pemecahan masalah  pada pembelajaran, dari identifikasi tersebut  disusun rumusan masalah bagaimana penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam mengaktifkan kegiatan belajar Peserta didik. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu  menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Adapun langkah-langkah  dari Problem Based Learning (PBL) adalah Orientasi siswa terhadap masalah, Mengorganisasikan siswa untuk belajar, Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluaasi proses pemecahan masalah. Hasil dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik  terlihat peserta didik aktif dalam mengikuti pembelajaran karena peserta didik dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran khususnya dalam pemecahan masalah sehingga disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di kelas VI SDN 027 Renggeang.

Keywords


Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), keaktifan peserta didik

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Koiru, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Mata Pelajaran IPA untuk Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Saiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryanto. 2012. SAINS untuk SD/MI Kelas 1V. Jakarta: Erlangga.

Haryono. 2015. Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Amara Books.

Paizaluddin dan Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaiman Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Derektorat Jendaral Pendidikan Tinggi Derektorat Ketenagaan.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sariadi, Ni Ketut, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.2 (1): 1-11.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tim Penyusun: Dosen Metodologi Penelitian Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pedoman Penulisan Skripsi program S-1. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Bumi Karsa.

Wisudawati, Asih Widi dan Sulistiowati, Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 630 times | PDF view : 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyuningsih Wahyuningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License