PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KELAS V UPTD SDI MAHAHE MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING (PBL)

Rachmat Fadly(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.26065

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning di kelas 5 UPTD SD Inpres Mahahe selama praktek pengenalan lapangan (PPL) melalui pembelajaran Luring. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas menggunakan model spiral, yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 12 peserta didik yang terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 5 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes, kemudian dilakukan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dari data yang diperoleh. Penerapan model problem based learning menunjukan hasil di antaranya dapat meningkatkan motivasi peserta didik kelas V UPTD SD Inpres Mahahe  terutama tema 1 selama pembelajaran Luring. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan aktivitas peserta didik sebesar 90.16. Ini berarti bahwa hanya 1 peserta didik (3.3) memiliki tingkat motivasi kurang. 6 peserta didik (60%) memiliki kategori cukup, 3 peserta didik (26.7%) aktif, dan 2 peserta didik (10%) sangat aktif. Pada siklus II rata-rata motivasi peserta didik meningkat menjadi 118.57. Artinya sebanyak 9 peserta didik (36.7%) sangat aktif, 2 peserta didik (60%) kriteria aktif, dan hanya 1 peserta didik (3.3%) dalam kriteria cukup aktif. Dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran problem based learning selama pembelajaran daring terbukti dapat meningkatkan motivasi peserta didik kelas V UPTD SD Inpres Mahahe  pada pembelajaran tematik tahun pembelajaran 2021/2022.

Full Text:

Untitled

Article Metrics

Abstract view : 285 times | Untitled view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rachmat Fadly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License